Pengertian Sumber Daya Manusia

(SDM) makro adalah jumlah penduduk dalam usia
produktif yang ada di sebuah wilayah.
(SDM) mikro adalah individu yang bekerja
pada sebuah institusi atau perusahaan.
(SDM) yaitu elemen utama organisasi yang dibandingkan
dengan elemen sumber daya yang lain seperti modal, teknologi, karena manusia
itu sendiri yang mengendalikan faktor yang lain.
Pengertian SDM
(SDM) merupakan salah satu faktor yang sangat penting
sehingga harus dikelola dengan baik untuk meningkatkan efektivitas dan
efisiensi organisasi atau perusahaan. Oleh karena itu, (SDM) merupakan program
aktivitas untuk mendapatkan sdm, mengembangkan, memelihara dan mendayagunakan
untuk mendukung organisasi mencapai tujuannya.
Manajemen adalah seni dalam aktivitas pengorganisasian,
pengarahan,perencanaan dan pengkoordinasian dengan mempergunakan sumber
daya manusia dan sumber daya lainnya.
"Flippo (1996 : 5)
SDM saat ini memiliki pengaruh besar pada sebuah
perusahaan dimana sekarang berada pada perubahan lingkungan bisnis yang sulit
untuk diprediksi dan tidak lagi berada pada lingkungan bisnis yang stabil.
Perusahaan harus fleksibel tidak lagi bersikap kaku ( organizational
rigidity)."
" Mulia Nasution (1996 : 1)
Manajemen SDM adalah segala potensi yang ada pada
manusia baik berupa akal pikiran, tenaga, keterampilan, emosi, dan sebagainya
yang dapat di gunakan baik untuk dirinya sendiri maupun untuk organisasi atau
perusahaan."
"Tohardi (2002 : 12)
Manajemen personalia adalah perencanaan,
pengorganisasian pengarahan dan pengawasan kegiatan-kegiatan pengadaan,
pengembangan, pemberian kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan dan pelepasan
sumberdaya manusia agar tercapai berbagai tujuan individu, organisasi dan
masyarakat."
Jadi kegiatan bisnis tidak lagi di jalankan
berdasarkan aturan saja, melainkan juga dikendalikan oleh visi dan nilai dan
memerlukan kemampuan SDM yang dapat diandalkan, yang memiliki
wawasan, kreatifitas, ilmu pengetahuan, dan visi yang sama dengan visi
perusahaan.
Pengembangan kemampuan dalam (SDM) dapat disesuaikan
dengan skenario dan strategis bisnis dalam Perusahaan, dan rencana induk untuk
kepemimpinan (human capital) serta peningkatan kompetensi dari human capital
dapat melalui sejumlah program pendidikan dan pelatihan, seperti yang fokus
kepada:
Pengembangan kepemimpinan;
Tujuan strategis Perusahaan sesuai dengan skenario dan
rencana kerja seluruh unit bisnis Perusahaan;
Menutup kesenjangan kompetensi antara karyawan.
Marketing Mix
Produk
merupakan kebutuhan para konsumen. Strategi produk meliputi sejumlah keputusan
tentang kegunaan, kualitas, fitur, merek dagang, model, kemasan, garansi,
desain, dan pilihan (macam produk), untuk melakukan perubahan pada
karakteristik produk mutlak diperlukan seiring dengan perkembangan
danperputaran produk tersebut.
Penentuan
harga produk mencakup beberapa kebijakan dalam manajemen
mengenai,harga, diskon, kredit, periode pembayaran, pembayaran pemindhan
dan sebagainya.
Lokasi strategi distribusi sangat berpengaruh pada produk dan meliputi sejumlah
keputusan seperti pasar, tingkat inventaris produk, lokasi ruang pajang produk,
serta jenis pengiriman produk tersebut.
Promosi
bertujuan untuk memperkenalkan pada para target konsumen dalam hal nilai dari
produk yang dijual. Penentuan berbagai media yang digunakan merupakan bagian
penting dari sebuah promosi produk.
People
merupakan aset dalam bidang jasa yang berkebutuhan terhadap para konsumen dan
akan menyebabkan para konsumen loyal dan puas terhadap kinerja para
karyawan.
Proses
penyampaian jasa kepada para konsumen maka akan menjamin kualitas layanan yang
dijalankan sesuai prosedur dan standarisasi perusahaan.
Physical
evidence adalah bukti fisik suatu perusahan terhadap perlengkapan,interior dan
tata ruang bangunan.