Pengertian Sumber Daya Manusia dan Marketing Mix

Pengertian Sumber Daya Manusia 
Welcome in blog - (SDM) adalah individual yang produktif dalam melakukan pekerjaan sebagai penggerak suatu roda organisasi, baik itu di dalam institusi maupun perusahaan yang memiliki fungsi sebagai aset sehingga harus dilatih dan dikembangkan terhadap kemampuannya. Pengertian SDM makro secara umum terdiri dari dua yaitu :
(SDM) makro adalah jumlah penduduk dalam usia produktif yang ada di sebuah wilayah.
(SDM) mikro  adalah individu yang bekerja pada sebuah institusi atau perusahaan.
(SDM) yaitu elemen utama organisasi yang dibandingkan dengan elemen sumber daya yang lain seperti modal, teknologi, karena manusia itu sendiri yang mengendalikan faktor yang lain.

Pengertian SDM
(SDM) merupakan salah satu faktor yang sangat penting sehingga harus dikelola dengan baik untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi atau perusahaan. Oleh karena itu, (SDM) merupakan program aktivitas untuk mendapatkan sdm, mengembangkan, memelihara dan mendayagunakan untuk mendukung organisasi mencapai tujuannya.

Manajemen adalah seni dalam aktivitas  pengorganisasian, pengarahan,perencanaan dan pengkoordinasian dengan mempergunakan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.

 "Flippo (1996 : 5)
SDM saat ini memiliki pengaruh besar pada sebuah perusahaan dimana sekarang berada pada perubahan lingkungan bisnis yang sulit untuk diprediksi dan tidak lagi berada pada lingkungan bisnis yang stabil. Perusahaan harus fleksibel tidak lagi bersikap kaku ( organizational rigidity)."

 " Mulia Nasution (1996 : 1)
Manajemen SDM adalah segala potensi yang ada pada manusia baik berupa akal pikiran, tenaga, keterampilan, emosi, dan sebagainya yang dapat di gunakan baik untuk dirinya sendiri maupun untuk organisasi atau perusahaan."

 "Tohardi (2002 : 12)
Manajemen personalia adalah perencanaan, pengorganisasian pengarahan dan pengawasan kegiatan-kegiatan pengadaan, pengembangan, pemberian kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan dan pelepasan sumberdaya manusia agar tercapai berbagai tujuan individu, organisasi dan masyarakat."

Jadi kegiatan bisnis tidak lagi di jalankan berdasarkan aturan saja, melainkan juga dikendalikan oleh visi dan nilai dan memerlukan kemampuan SDM yang dapat diandalkan, yang memiliki wawasan, kreatifitas, ilmu pengetahuan, dan visi yang sama dengan visi perusahaan.

Pengembangan kemampuan dalam (SDM) dapat disesuaikan dengan skenario dan strategis bisnis dalam Perusahaan, dan rencana induk untuk kepemimpinan (human capital) serta peningkatan kompetensi dari human capital dapat melalui sejumlah program pendidikan dan pelatihan, seperti yang fokus kepada:

Pengembangan kepemimpinan;
Tujuan strategis Perusahaan sesuai dengan skenario dan rencana kerja seluruh unit bisnis Perusahaan;
Menutup kesenjangan kompetensi antara karyawan.

Marketing Mix
Produk merupakan kebutuhan para konsumen. Strategi produk meliputi sejumlah keputusan tentang kegunaan, kualitas, fitur, merek dagang, model, kemasan, garansi, desain, dan pilihan (macam produk), untuk melakukan perubahan pada karakteristik produk mutlak diperlukan seiring dengan perkembangan danperputaran produk tersebut.

Penentuan harga produk mencakup beberapa kebijakan dalam manajemen mengenai,harga, diskon, kredit, periode pembayaran, pembayaran pemindhan dan sebagainya.

Lokasi strategi distribusi sangat berpengaruh pada produk dan meliputi sejumlah keputusan seperti pasar, tingkat inventaris produk, lokasi ruang pajang produk, serta jenis pengiriman produk tersebut.

Promosi bertujuan untuk memperkenalkan pada para target konsumen dalam hal nilai dari produk yang dijual. Penentuan berbagai media yang digunakan merupakan bagian penting dari sebuah promosi produk.

People merupakan aset dalam bidang jasa yang berkebutuhan terhadap para konsumen dan akan menyebabkan  para konsumen loyal dan puas terhadap kinerja para karyawan.

Proses penyampaian jasa kepada para konsumen maka akan menjamin kualitas layanan yang dijalankan sesuai prosedur dan standarisasi perusahaan.


Physical evidence adalah bukti fisik suatu perusahan terhadap perlengkapan,interior dan tata ruang bangunan.

Postingan terkait: