Pengertian Manajemen Periklanan

Tetapi walaupun begitu, penjualan dan periklanan hanyalah salah satu ujung dari
"gunung es" marketing. Walaupun keduanya penting, tetapi kedua elemen
ini hanyalah dua dari sekian banyak fungsi dan sering tidak menjadi yang
terpenting.
Saat ini pemasaran harus dapat dimengerti bahwa hal tersebut tidak hanya
"menyatakan dan kemudian menjual", tetapi ada pengertian baru yaitu
memuaskan kebutuhan konsumen. Bila produsen mengerti dengan baik pekerjaannya
dalam hal memenuhi kebutuhan konsumen; mengembangkan produk dan kemudian
menyediakan nilai-nilai lebih; harga-harga, saluran distribusi, dan kemudian
memprpmosikannya dengan efektif, maka produk-produk tersebut akan terjual
dengan sangat mudah. Jadi penjualan dan periklanan hanyalah bagian dari
"marketing mix" yang luas, yaitu serangkaian marketing tools yang
bekerja bersama-sama untuk mempengaruhi pasar.
- Memperkenalkan
merk produk tertentu kepada calon konsumen.
- Memberikan
informasi tentang produk tersebut.
- Membujuk
calon konsumen agar mau membelinya.
- Mampu
menjangkau khalayak secara luas (large coverage).
- Mampu
meraih khalayak secara selektif (better targeting).
- Biaya
per satuan khalayak yang cukup rendah.
- Mampu
membangun dan mepertahankan citra merek.
Survey Pasar

Jenis-jenis riset pasar :
Dari hasil survei pasar tersebut kamu dapat menggunakannya untuk menciptakan sebuah usaha dan juga rencana pemasaran produk atau mengukur kesuksesan rencana bisnis yang telah disusun. Perlu diketahui terdapat beberapa jenis survei pasar, diantaranya sebagai berikut
Survey primer adalah riset yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi sebelum melakan aksi terhadap usaha ataupun data yang berasal dari analisis penjualan terkini dan efektivitas yang sedang di praktikan sekarang. Survey ini memberikan informasi mengenai pesaing kamu.
Cara dalam melakukan riset ini:
- Dengan cara interview atau wawancara baik langsung atau tidak langsung .
- Kuisioner (online/surat).
- Diskusi kelompok untuk mengumpulkan sampel konsumen atau pelanggan potensial dan mendapatkan umpan balik yang dari mereka.
Survey sekunder adalah yang bertujuan untuk menganalisis data yang sudah di terbitkan. dengan data sekunder kamu dapat menemukan pesaing terhadap produk yang akan di keluarkan dalam bisnis tersebut dan membangun tolak ukur lalu menidentifikasi segmen sasaran.
Mengumpulkan data:
Dalam pengoperasian suatu bisnis tanpa melakukan survey/penelitian sehingga bisa memberikan banyak keuntungan bagi pesaing bisnis kita. Ada terdapat 2 (dua) macam kategori pengumpulan data:
- Kuantitatif adalah kategori pengumpulan data yang menggunakan analisis matematis dan membutuhkan ukuran sampel yang sangat besar. Hasilnya yaitu menerangkan perbedaan yang signifikan apa yang terlihat pada statistik, biasanya data ini digunakan untuk membantu dalam menyempurnakan produk atau jasa.
- Metode kualitatif adalah kategori pengumpulan data yang dapat membantu mengembangkan dan menyempurnakan metode tsb. Data ini dapat membantu kepemilikan bisnis baru atau bisnis kecil untuk menemukan permasalahan yang ia hadapinya, metode ini sering menggunakan teknik wawancara langsung untuk mempelajari mengenai pendapat, prinsip maupun kepercayaan para pelanggan.