Perilaku Konsumen

Pada inti nya perilaku konsumen terbagi 2 tipe yaitu yang bersifat Rasional dan Irrasional :
- Rasional
Berikut ini beberapa ciri-ciri
dari Perilaku Konsumen yang bersifat Rasional:
1. Konsumen memilih barang
berdasarkan kebutuhan.
2. Barang yang dipilih konsumen
memberikan kegunaan optimal bagi para konsumen.
3. Konsumen memilih barang yang
mutunya terjamin.
4. Konsumen memilih barang yang
harganya sesuai dengan kemampuan para konsumen.
- Irrasional
Beberapa ciri-ciri Perilaku
Konsumen yang bersifat Irrasional:
Komunikasi Pemasaran

Komunikasi pemasaran bagi para konsumen, dapat diberitahukan/memperlihatkan kepada para konsumen tentang suatu produk yang digunakan oleh para konsumen serta di mana saja dan kapan saja . Komunikasi pemasaran berperan serta pada ekuitas merk dengan menanamkan merk dalam ingatan dan menciptakan citra merk serta mendorong penjualan dan bahkan mempengaruhi nilai para pemegang saham.
Menurut : Philip Kotler dan Kevin Lane Keller dalam Marketing Management (2016)
(Komunikasi pemasaran adalah sarana yang digunakan untuk menginformasikan, mempersuasi, dan mengingatkan konsumen, baik secara langsung maupun tidak langsung, mengenai produk-produk dan merek-merek yang dijual).