Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran

Perilaku Konsumen
Welcome in blog-Perilaku konsumen merupakan suatu proses dan aktivitas terhadap seseorang yang berhubungan dengan pencarian,pemilihan,pembelian,penggunaan, dan pengevaluasian produk/jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.Perilaku konsumen merupakan hal² yang mendasari konsumen untuk membuat sebuah keputusan pembelian.Untuk barang berharga jual rendah proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang sangat matang.


Pada inti nya perilaku konsumen terbagi 2 tipe yaitu yang bersifat Rasional dan Irrasional :

  • Rasional
Berikut ini beberapa ciri-ciri dari Perilaku Konsumen yang bersifat Rasional:
 1. Konsumen memilih barang berdasarkan kebutuhan.
 2. Barang yang dipilih konsumen memberikan kegunaan optimal bagi para konsumen.
 3. Konsumen memilih barang yang mutunya terjamin.
 4. Konsumen memilih barang yang harganya sesuai dengan kemampuan para konsumen.
  • Irrasional
Beberapa ciri-ciri Perilaku Konsumen yang bersifat Irrasional:
 1. Konsumen sangat cepat tertarik dengan iklan dan promosi produk di media cetak /elektronik.
 2. Konsumen memilih barang-barang bermerk atau branded yang sudah dikenal luas.
 3. Konsumen memilih barang bukan berdasarkan kebutuhan, melainkan gengsi atau prestise.



Komunikasi Pemasaran
Komunikas pemasaran adalah sarana di mana perusahaan berusaha menyampaikan informasi kepada para konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merk yang mereka jual. Komunikasi pemasaran mempresentasikan dalam bentuk suara perusahaan dan merknya yang merupakan sarana perusahaan dapat membuat dialog dan membangun hubungan dengan para konsumen.

Komunikasi pemasaran bagi para konsumen, dapat diberitahukan/memperlihatkan kepada para konsumen tentang  suatu produk yang digunakan oleh para konsumen serta di mana saja dan kapan saja . Komunikasi pemasaran berperan serta pada ekuitas merk dengan menanamkan merk dalam ingatan dan menciptakan citra merk serta mendorong penjualan dan bahkan mempengaruhi nilai para pemegang saham.



Menurut : Philip Kotler dan Kevin Lane Keller dalam Marketing Management (2016)
(Komunikasi pemasaran adalah sarana yang digunakan untuk menginformasikan, mempersuasi, dan mengingatkan konsumen, baik secara langsung maupun tidak langsung, mengenai produk-produk dan merek-merek yang dijual).

Postingan terkait: